Ini hal yang ane pikirkan saat memakai teknologi cashless di keseharian.
Case 1 - Naik Transportasi Umum
Waktu dapet kesempatan untuk jalan naik transportasi umum (tepatnya Transjakarta dan MRT) setelah 1,5 tahun tidak naik disebabkan pandemi, ane iseng dong nyoba2 teknologi cashless yang katanya udah bisa beli tiket pake e-wallet. Jadi ane coba lah itu beli tiket.
Transjakarta
Pertama, di TJ. karena gatau napa HP ane lagi lemot, akhirnya setelah diomelin adek karena lama buka aplikasi PL buat nunjukin sertifikat vaksin, ane beli tiket di aplikasi Tijeku. Di homenya, ada tombol yang jelas banget buat beli tiket dimana. Di menu bayarnya cuma ada pilih satu tiket doang harga 3500, ga usah pilih2 halte lagi, enak, jadi cepet. Bayarnya juga langsung, pas beli tiket langsung kebuka aplikasi e-walletnya, terus bayar juga langsung cepet. Nah scan tiketnya di loket... sedikit lama. atau mungkin gatau ya, lupa udah lama ga naik tj juga XD. Tapi overall cepet sih. Ane tinggal tap-in tap-out kyk biasa di aplikasi TJ.
Awalnya ane pikir bakalan cuma scan biasa gitu, kyk di KRL. jadi tinggal shake aplikasi e-walletnya, nanti keluar QR yang tinggal scannya. Sepertinya nggak. Padahal kalo bisa enak tuh, tinggal sek gesek langsung scan, trus otomatis kepotong saldonya tanpa perlu tap-tap beli. Enak kalau misal buru-buru. Sebenernya mau coba ini sih pas di TJ, tapi blm kesampean karena cuma dapet kesempatan naik TJ 1x aja.
MRT
Next aku coba aplikasi MRT. Jadi waktu jalan, aku naik MRT 3x: dari Bundaran HI - Blok M BCA, trus dari Blok M BCA - Cipete Raya, terakhir dari Cipete Raya - Setiabudi Astra. Waktu mau naik di bundaran HI, aku blm sempet cek karena sepertinya QR Scannernya lagi error. Jadi aku bayar pake e-money biasa. Nah trus selanjutnya pas naik dari Blok M, ada tuh mbak2 mau coba scan QR, tapi ga bisa. Yaudah dong aku iseng scan QR tiket yang langsung dari aplikasi e-wallet-nya. Dan hasilnya... gagal. Buru-buru, akhirnya ane scan lagi pake kartu. Baru yang terakhir, ane coba pake aplikasi MRT.
Percobaan ane di aplikasi MRT, nggak terlalu baik. Pas buka aplikasi MRT, langsung disuguhi home screen, tapi ini beli tiketnya di mana? Akhirnya ane coba klik tombol Tiket, dan baru muncul tombol "beli tiket". Di beli tiket, ada pilihan menu untuk beli sekali jalan atau pulang pergi. Trus ada juga statiun asal dan stasiun tujuan. Mirip2 dengan pas beli tiket single trip KRL. Oke, terus ane pilih dari cipete raya sampai Setiabudi astra. Pas oke, langsung kebuka pilih menu pembayaran dimananya. Ane pilih e-wallet yang ane pake, terus pas bayar, harus login dulu dongggg ke aplikasi e-walletnya, padahal udah install. Ga langsung ke-redirect ke aplikasi e-wallet ane. Yawis lah, karena sekalian coba-coba, ane login deh, masukin OTP, dsb2. Pas udahan...
Gaada sinyal dong :')
Males ribet dan nunggu lama-lama, akhirnya ane nyerah dan memilih buat pake e-money lagi.
Padahal bisa enak ya kalau misal tinggal tap aja, jadi gausah bayar2 lagi.
Note: Pas ane lagi ketik artikel ini, ane iseng coba2 lagi beli tiket, dan langsung kebeli dong. Lantjar dan tanpa hambatan :'). padahal gaada niatan naik MRT hari ini :'. Ternyata dia udah kesimpen data akun e-walletnya. jadi ga usah login2 lagi. Tapi gara-gara kesimpen, jadinya malah langsung bayar tanpa konfirmasi ulang. Lalu setelah sempat coba-coba juga setelah itu, aplikasinya bisa. Mungkin memang saat percobaan pertama ane, aplikasinya lg error.
Overall case Transportasi umum
Untuk transportasi umum overall udah bagus, walau ane sejujurnya berharap bisa kyk KRL, jadi langsung di aplikasi dan tinggal scan aja. Model-model kartu multi-trip lah. Tapi untuk phase awal, kyknya mendingan sih. Tinggal coba real-life usage lainnya pas udah ga pandemi lagi. Walau harapan ane nanti ada case ketika aplikasi yang dipakai cukup 1 saja. Jadi gaada lagi ane harus punya 3 aplikasi untuk tiap moda transportasi, pun untuk info2 transportasi tersebut.
Case 2 - Belanja di Pasar Tradisional
Oke ini ga masuk topik belanja pakai e-wallet sih, cuma ini satu case yang bikin ane mempertimbangkan penerapan cashless di seluruh kehidupan pembayaran.
Jadi iseng sekailan olahraga, ane ikut ortu belanja ke pasar deket rumah. Pasar tradisional gitu, di pinggir jalan. Dan namanya juga pasar, nawar-nawar, ngobrol, cerita-cerita, dsb. DInamisnya jujur cepet sih.
Misal pas lagi beli Ikan Tongkol, ibu ane pesen ikan tongkol, berapa harganya, oke, langsung dipotong sama mas-masnya dengan lihai sesuai pesenan ibu ane. Trus abis diplastikin, ibu ane ambil trus bayar. Kembalian diambil, selesai. Abis itu mas-masnya langsung ngerjain pesenan ibu-ibu lain, dan dengan sama cepetnya.
Ane kebayang, kalau misal bayarnya pake e-wallet, harus buka dulu aplikasinya, trus scan dulu, konfirmasi dulu, masukin pin, baru bayar. Belum lagi kalau HP yang dipunya itu HP low-end, jadinya lemod. Bisa antre banget itu.
Jujur ga kebayang sih teknologi e-wallet itu bisa jadi gantiin semua moda pembayaran cash, karena punya plus-minusnya masing-masing. Misal cash. Okelah kekurangannya ribet, bawa-bawa cash. Tapi tetep lebih cepet ambil cash dibandingkan scan dan masukin nominal di aplikasi e-wallet. Dan cash, walau mungkin bisa numpuk, sama seperti benda fisik lainnya, bisa dibedakan dari bentuknya. Jadi bisa memudahkan dalam memilah benda yang ingin diambil. Pun e-wallet. Okelah lemot, tapi kalau ke mall ga usah bawa-bawa duit lebih banyak, jadi lebih praktis. Dan dengan integrasi yang banyak di aplikasi digital dan merchant online, dia jadi preferensi positif. Jadi komplementer mungkin ya tepatnya.
Overall, harapan ane kedua jenis metode pembayaran itu bisa saling bantu-membantu.
Saran?